Kaum Tsamud dalam Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis

Ringkasan artikel pada jilid I Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis yaitu tentang Kemukjizatan Fakta Sejarah, pada bab 4 memiliki judul Kaum Tsamud Mendustakan Ancaman Tuhan, berikut rangkumannya:



 كَذَّبَتْ ثَمُودُ بِالنُّذُرِ
فَقَالُوا أَبَشَرًا مِنَّا وَاحِدًا نَتَّبِعُهُ إِنَّا إِذًا لَفِي ضَلالٍ وَسُعُرٍ
أَؤُلْقِيَ الذِّكْرُ عَلَيْهِ مِنْ بَيْنِنَا بَلْ هُوَ كَذَّابٌ أَشِرٌ
سَيَعْلَمُونَ غَدًا مَنِ الْكَذَّابُ الأشِرُ


Kaum Tsamud pun telah mendustakan ancaman-ancaman (itu).
Maka mereka berkata: "Bagaimana kita akan mengikuti saja seorang manusia (biasa) di antara kita? Sesungguhnya kalau kita begitu benar-benar berada dalam keadaan sesat dan gila",
Apakah wahyu itu diturunkan kepadanya di antara kita? Sebenarnya dia adalah seorang yang amat pendusta lagi sombong“
Kelak mereka akan mengetahui siapakah yang sebenarnya amat pendusta lagi sombong.
QS. Al- Qomar 54: 23-26



وَإِلَى ثَمُودَ أَخَاهُمْ صَالِحًا قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَهٍ غَيْرُهُ

Dan kepada Tsamud (Kami utus) saudara mereka Saleh. Saleh berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia (QS Hud 11:61)

Kaum Tsamud bukanlah yang pertama melakukan pelanggaran, mereka mengulangi kesalahan yang dilakukan Kaum Nuh dan Ad yang hidup sebelumnya, oleh karena itu Alquran menyejajarkan ketiga kelompok ini :

أَلَمْ يَأْتِكُمْ نَبَأُ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ قَوْمِ نُوحٍ وَعَادٍ وَثَمُودَ وَالَّذِينَ مِنْ بَعْدِهِمْ لا يَعْلَمُهُمْ إِلا اللَّهُ

Belumkah sampai kepadamu berita orang-orang sebelum kamu (yaitu) kaum Nuh, 'Ad, Tsamud dan orang-orang sesudah mereka. Tidak ada yang mengetahui mereka selain Allah..(QS. Ibrahim 14:9)

وَأَخَذَ الَّذِينَ ظَلَمُوا الصَّيْحَةُ فَأَصْبَحُوا فِي دِيَارِهِمْ جَاثِمِينَ
كَأَنْ لَمْ يَغْنَوْا فِيهَا أَلا إِنَّ ثَمُودَ كَفَرُوا رَبَّهُمْ أَلا بُعْدًا لِثَمُودَ

Dan satu suara keras yang mengguntur menimpa orang-orang yang lalim itu, lalu mereka mati bergelimpangan di rumahnya.
Seolah-olah mereka belum pernah berdiam di tempat itu. Ingatlah, sesungguhnya kaum Tsamud mengingkari Tuhan mereka. Ingatlah, kebinasaanlah bagi kaum Tsamud.
(QS. Hud 11:67-68)

Berkat penelitian dan pengkajian sejarah geologis, banyak hal yang sebelumnya tidak diketahui menjadi terbuka, seperti lokasi pemukiman Kaum Tsamud, rumah-rumah yang mereka bangun dan pola hidup mereka.

Ahli geografi Yunani, Pliny menyebutkan bahwa Dumasa dan Hijra merupakan tempat tinggal Kaum Tsamud

Catatan sejarah Raja Babilonia Sargon II (abad 8 SM) juga menyebutkan Kaum Tsamud dengan Tamudi. Selama rentang 400-600 M kaum ini sempat tak terdeteksi hingga Alquran menyebutkannya.



Penggalaian kepurbakalaan menemukan tulisan orang Hijr dan gambar orang Tsamud yang besar sekali di Kawasan Gunung Atslab dan kawasan yang melewati bagian tengah Jazirah Arab

Manuskrip yang mirip dengan huruf abjad kaum Tsamud juga ditemukan disebelah selatan Jazirah Arab, diantara Hijaz dan sebelah utara Hadramaut. Hal ini membuktikan bahwa Kaum Tsamud tinggal juga di daerah Kaum Ad terutama di kawasan Hadramaut, sebagaimana yang dijelaskan Alquran ketika menjelaskan apa yang dikatakan Nabi Saleh as pada Kaumnya:

وَاذْكُرُوا إِذْ جَعَلَكُمْ خُلَفَاءَ مِنْ بَعْدِ عَادٍ وَبَوَّأَكُمْ فِي الأرْضِ تَتَّخِذُونَ مِنْ سُهُولِهَا قُصُورًا وَتَنْحِتُونَ الْجِبَالَ بُيُوتًا فَاذْكُرُوا آلاءَ اللَّهِ وَلا تَعْثَوْا فِي الأرْضِ مُفْسِدِينَ

Dan ingatlah olehmu di waktu Tuhan menjadikan kamu pengganti-pengganti (yang berkuasa) sesudah kaum 'Aad dan memberikan tempat bagimu di bumi. Kamu dirikan istana-istana di tanah-tanahnya yang datar dan kamu pahat gunung-gunungnya untuk dijadikan rumah; maka ingatlah nikmat-nikmat Allah dan janganlah kamu merajalela di muka bumi membuat kerusakan. (QS Al-A’raf 7:74)

Subhanallah....semoga artikel pada Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (MAQDIS) ini akan mengenalkan kita kepada nilai sejarah dalam Alquran sekaligus meningkatkan keimanan terhadapnya, karena jika sedemikian detil Alquran menjelaskan, apakah mungkin jika hal itu (Alquran) hasil dari karangan manusia? pasti tidak mungkin bukan?

Penjelasan rinci mengenai Kaum Tsamud mendustakan ancaman Tuhan ada pada Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis pada Jilid I Kemukjizatan Fakta Sejarah dalam Alquran Bab 4.

Jika Anda ingin mengetahui ringkasan artikel lain pada buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) yang lainnya silakan klik disini

Lebih lanjut lihat :

Tags: Kaum Tsamud, Nabi Sholeh AS, Nabi Saleh as, Kaum Nuh dan Kaum Ad, Nuh 'Ad dan Tsamud, Kaum Tsamud ingkar, Dumasa,Hijra,Sargon II, Tamudi,orang hijr,Gunung atslab,hijaz,hadramaut,tsamud dalam alquran, mukjizat-alquran-hadist-kaum tsamud,Kaum Tsamud, Nabi Sholeh AS, Nabi Saleh as, Kaum Nuh dan Kaum Ad, Nuh 'Ad dan Tsamud, Kaum Tsamud ingkar, Dumasa,Hijra,Sargon II, Tamudi,orang hijr,Gunung atslab,hijaz,hadramaut,tsamud dalam alquran, mukjizat-alquran-hadist-kaum tsamud,Kaum Tsamud, Nabi Sholeh AS, Nabi Saleh as, Kaum Nuh dan Kaum Ad, Nuh 'Ad dan Tsamud, Kaum Tsamud ingkar, Dumasa,Hijra,Sargon II, Tamudi,orang hijr,Gunung atslab,hijaz,hadramaut,tsamud dalam alquran, mukjizat-alquran-hadist-kaum tsamud

No comments:

Post a Comment

Next Prev home