Mukjizat ilmiah ladang pertanian dalam Alquran


وَاضْرِبْ لَهُمْ مَثَلا رَجُلَيْنِ جَعَلْنَا لأحَدِهِمَا جَنَّتَيْنِ مِنْ أَعْنَابٍ وَحَفَفْنَاهُمَا بِنَخْلٍ وَجَعَلْنَا بَيْنَهُمَا زَرْعًا
كِلْتَا الْجَنَّتَيْنِ آتَتْ أُكُلَهَا وَلَمْ تَظْلِمْ مِنْهُ شَيْئًا وَفَجَّرْنَا خِلالَهُمَا نَهَرًا
وَكَانَ لَهُ ثَمَرٌ فَقَالَ لِصَاحِبِهِ وَهُوَ يُحَاوِرُهُ أَنَا أَكْثَرُ مِنْكَ مَالا وَأَعَزُّ نَفَرًا

Dan berikanlah kepada mereka sebuah perumpamaan dua orang laki-laki, Kami jadikan bagi seorang di antara keduanya (yang kafir) dua buah kebun anggur dan Kami kelilingi kedua kebun itu dengan pohon-pohon kurma dan di antara kedua kebun itu Kami buatkan ladang. Kedua buah kebun itu menghasilkan buahnya, dan kebun itu tiada kurang buahnya sedikit pun dan Kami alirkan sungai di celah-celah kedua kebun itu, dan dia mempunyai kekayaan besar, maka ia berkata kepada kawannya (yang mukmin) ketika ia bercakap-cakap dengan dia: "Hartaku lebih banyak dari pada hartamu dan pengikut-pengikutku lebih kuat". (QS. Al-Kahfi 18:32-34), ayat inilah yang mengungkap Mukjizat ilmiah ladang pertanian dalam Alquran.


Menurut Syaikh Hasanain Muhammad Makhluf menafsirkan:
جَنَّتَيْنِ = bustanaini = dua buah kebun
وَحَفَفْنَاهُمَا = kami lingkupi dan pagari keduanya
وَلَمْ تَظْلِمْ مِنْهُ شَيْئًا = hasilnya tidak berkurang sedikitpun
وَفَجَّرْنَا خِلالَهُمَا = kami belah dan kami alirkan di tengah-tengahnya
ثَمَرٌ = hasil buah-buahan yang melimpah

Mukjizat ilmiah ladang pertanian dalam Alquran: Sementara Syaikh Abdurrahman Al-Sa’di dalam Tafsir Al-Mannan berpendapat وَحَفَفْنَاهُمَا بِنَخْلٍ = di dalam kebun itu terdapat semua jenis buah, terutama anggur di tengah dan kurma yang melingkari kebun anggur, dan terdapat pula lahan yang ditanami tanaman pangan di tengahnya.

Menurut Syaikh muhammad Al-Thahir dalam tafsir Al-Tahrir wa Al-Tanwir
وَحَفَفْنَاهُمَا sama dengan dikelilingi

Penahan angin merupakan salah satu metode baru dalam pertanian. Pelepah kurma dengan daun-daun yang menjuntai sangat efektif menahan angin & tidak mengurangi datangnya sinar matahari, subhanallah, inilah Mukjizat ilmiah ladang pertanian dalam Alquran.

Lapisan pohon kurma ini kemudian diikuti oleh lapisan pohon-pohon buah yang lebih rendah, demikianlah Firman Allah Swt dalam QS. Al-Kahf 18:32

وَجَعَلْنَا بَيْنَهُمَا زَرْعًا

dan di antara kedua kebun itu Kami buatkan ladang.

Tercukupinya kebutuhan air bagi kedua kebun membantu tersebarnya air ke semua tanaman secara teratur dan merata melalui cabang-cabang saluran yang dibuat.

وَفَجَّرْنَا خِلالَهُمَا نَهَرًا (dan Kami alirkan sungai di celah-celah kedua kebun itu)

Kebun perumpamaan yang ada dalam Alquran merupakan kebun unggulan yang patut disyukuri (Mukjizat ilmiah ladang pertanian dalam Alquran)

وَلَوْلا إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَاءَ اللَّهُ لا قُوَّةَ إِلا بِاللَّهِ

Dan mengapa kamu tidak mengucapkan tatkala kamu memasuki kebunmu "MAA SYAA ALLAH, LAA QUWWATA ILLAA BILLAH" (Sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah) (QS. Al-Kahf 18:39)

itulah ringkasan dari artikel Mukjizat ilmiah ladang pertanian dalam Alquran,jika ingin mengetahui artikel secara lengkap (serta ilustrasi & gambar) ada di Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis jilid VII tentang kemukjizatan tumbuhan dan buah-buahan bab Mukjizat ilmiah ladang pertanian dalam Alquran.

Lebih lanjut lihat :


    tags: mukjizat ilmiah ladang pertanian dalam alquran, ladang kurma yang baik menurut alquran, ayat alquran mengenai ladang dan kebun, ayat alquran tentang kebuh kurma yang baik, fungsi aliran air dalam ladang, fungsi lapisan tanaman bagi ladang pertanian

    No comments:

    Post a Comment

    Next Prev home