Perhatian Alquran dan Hadist terhadap Kegelisahan dan Kepikunan


Ringkasan dari gambaran artikel pada Jilid IV Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) tentang Kemukjizatan Psikoterapi Islam Bab Perhatian Alquran dan Hadist terhadap Kegelisahan dan Kepikunan. Daftar isi buku lihat disini.

Allah Swt menyebutkan dalam Alquran beberapa ayat yang secara jelas membicarakan goncangan jiwa dan dampaknya terhadap kesehatan fisik. Demikian juga Rasulullah telah melarang kita agar jangan terlalu terbawa emosi agar dapat menikmati hidup sehat dan bahagia.



فَمَنْ يُرِدِ اللَّهُ أَنْ يَهدِيَهُ يَشْرَحْ صَدْرَهُ لِلإسْلامِ وَمَنْ يُرِدْ أَنْ يُضِلَّهُ يَجْعَلْ صَدْرَهُ ضَيِّقًا حَرَجًا كَأَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِي السَّمَاءِ

Barang siapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barang siapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit (QS. Al-An’am 6:125)

وَلَمَنْ صَبَرَ وَغَفَرَ إِنَّ ذَلِكَ لَمِنْ عَزْمِ الأمُورِ

Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan (QS. Al-Syura 42:43)

Islam memerintahkan kita untuk membebaskan diri dari sifat-sifat negatif seperti permusuhan, perdebatan yang berlebihan, sifat yang menyebabkan tekanan jiwa; iri, dengki, putus asa, tidak terima keadaan/taqdir, marah, bohong, khawatir yang berlebihan/cemas/gelisah, dan lain sebagainya.

Dari Abu Hurairah r.a. Nabi bersabda “Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada orang mukmin yang lemah. Dalam segala kebaikan minta tolonglah kepada Allah, jangan lemah. Jika kalian ditimpa sesuatu, janganlah kalian berkata,”seandainya aku mengerjakan ini atau itu”, akan tetapi katakanlah “Allah-lah yang menakdirkan. Apa yang diinginkanNya Dia akan melakukannya. Karena kata-kata ‘seandainya’ membuka peluang setan”. (HR. Muslim)

Susunan saraf bergerak sejalan dan spontan dengan beberapa aktivitas organ tubuh. Ketika terjadi sesuatu pada sistem saraf karena reaksi jiwa, maka sistem yang lain akan terkena dampaknya, sehingga berakibat pada munculnya penyakit fisik.

Kemarahan yang melewati batas (tekanan jiwa berlebih) dapat menyebabkan penyakit jantung kronis, mengurangi sistem imun, sistem pencernaan (getah lambung), penyakit kulit, kanker, pecah pembuluh darah, dan penyakit kelenjar lainnya.

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS. Al-Rad 13:28)

Ingin mengetahui lebih lengkap dengan disertai ilustrasi/foto dari artikel ini?? temukan di Jilid IV Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) tentang Kemukjizatan Psikoterapi Islam Bab Perhatian Alquran dan Hadist terhadap Kegelisahan dan Kepikunan.


 Lebih lanjut lihat :
tags: Perhatian Alquran dan Hadist terhadap Kegelisahan dan Kepikunan, gelisah-pikun-mukjizat-alquran-hadist, kegelisahan dan kepikunan menurut alquran dan hadis,kegelisahan hati, kegelisahan jiwa, penyebab kegelisahan dan kepikunan, kegelisahan manusia, kegelisahan dan penyebabnya,mencegah-mengatasi-penyebab-kepikunan-dini,kegelisahan-kepikunan-alquran-dan-hadist,Perhatian Alquran dan Hadist terhadap Kegelisahan dan Kepikunan, gelisah-pikun-mukjizat-alquran-hadist, kegelisahan dan kepikunan menurut alquran dan hadis,kegelisahan hati, kegelisahan jiwa, penyebab kegelisahan dan kepikunan, kegelisahan manusia, kegelisahan dan penyebabnya,mencegah-mengatasi-penyebab-kepikunan-dini,metode penyembuhan depresi dan kepikunan,kegelisahan-kepikunan-alquran-dan-hadist

1 comment:

  1. syukron artikelnya. sangat bermanfaat.

    bisnis tiket pesawat mantap www.kiostiket.com

    ReplyDelete

Next Prev home