Dengki dan kesehatan badan-mukjizat-alquran-hadist


mukjizat-alquran-hadist : Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda “Janganlah kalian dengki (hasad), karena dengki memakan kebaikan seperti api membakar kayu”



Ringkasan dari gambaran artikel pada Jilid IV Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) tentang Kemukjizatan Psikoterapi Islam Bab Dengki dan kesehatan badan-mukjizat-alquran-hadist. Daftar isi buku lihat disini.

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki“ (QS. Al-Falaq 113:5)

أَمْ يَحْسُدُونَ النَّاسَ عَلَى مَا آتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ

ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepadanya? (QS. Al-Nisa 4:54)

Dengki adalah membenci kebahagiaan orang lain dan berharap kebehagiaan tersebut hilang darinya.

Abu Bakar Al-Razi (Al-Thib Al-Ruhani) mengatakan dengki bersumber dari gabungan sifat pelit dan keburukan jiwa, sifat ini juga menghalangi seseorang untuk melakukan kegiatan bermanfaat, kesedihan berkepanjangan & angan-angan muluk.

Dr. Hamid Al-Ghaubi mengatakan dengki bisa berdampak timbul rasa sakit pada tubuh dan badan menjadi kurus, merasa terjepit, resah, sulit tidur bahkan bisa timbul rasa nyeri di dada/sesak. Memperparah luka lambung yang sudah ada. Perubahan raut muka yang mengkerut.

Sifat dengki dalam agama adalah tidak ridho terhadap ketentuan Allah Swt

Pendidikan rumah yang tepat dapat menjauhkan sifat dengki pada anak

Obat penyakit dengki adalah ilmu dan amal

Seharusnya sifat dengki segera diatasi, jika sifat dengki mendorong untuk mencela orang yang didengki maka berusahalah untuk memuji, jika dengki mendorong untuk takabur maka sesegera mungkin memaksa diri untuk rendah hati begitu seterunya hingga tumbuh kebiasaan untuk mengikis sifat dengki

Demi Zat yang jiwa Muhammad di tanganNya, kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai (HR Al Tirmidzi)

Ingin mengetahui lebih lengkap dengan disertai ilustrasi/foto dari artikel ini?? temukan di Jilid IV Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) tentang Kemukjizatan Psikoterapi Islam Bab Dengki dan kesehatan badan-mukjizat-alquran-hadist.


 Lebih lanjut lihat :
tags:  Dengki dan kesehatan badan-mukjizat-alquran-hadist,iri dan dengki, sifat iri dan dengki, beda iri dan dengki, iri dan hasad, dengki dan iri hati,Dengki dan kesehatan badan-mukjizat-alquran-hadist,iri dan dengki, sifat iri dan dengki, beda iri dan dengki, iri dan hasad, dengki dan iri hati

No comments:

Post a Comment

Next Prev home