Berbuka dengan kurma-mukjizat-alquran-hadist


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al-Baqarah 2:183-184)

mukjizat-alquran-hadist:Pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Al-Tirmidzi, dari Anas ra bahwa Nabi saw berbuka dengan kurma, beberapa biji kurma basah. Jika tidak ada kurma basah, maka dengan kurma kering. Jika tidak ada kurma kering beliau minum beberapa tegukan air.

Ketika seseorang berpuasa, kandungan glukosa dalam darah dan sel-sel tubuh berkurang, demikian juga dengan persediaan glikogen jantung, ia berubah menjadi glukosa untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh demikian juga dengan lemak, ia ikut menjadi glukosa untuk memenuhi energi tubuh, itulah berbuka dengan kurma-mukjizat-alquran-hadist.

Kurma baik yang basah maupun yang kering mengandung banyak zat gula hingga mencapai 70%, selain itu juga mengandung banyak zat penting yang diperlukan tubuh seperti potasium, kalsium, fosfor, dan magnesium. Ia juga mengandung banyak protein dan vitamin

Seluruh manfaat dalam buah kurma diperoleh saat seseorang berbuka dengan kurma-mukjizat-alquran-hadist. Kurma membuat orang berpuasa memperoleh zat gula guna menaikan kadar glukosa dalam darah.

Hikmah berbuka dengan kurma-mukjizat-alquran-hadist lainnya adalah jika seseorang berbuka hanya dengan satu hidangan kurma, maka akan terjadi keselarasan sosial, karena kurma adalah buah murah yang dapat dinikmati si miskin dan si kaya.

Berbuka dengan kurma-mukjizat-alquran-hadist juga merupakan pengalaman sunnah yang mengingatkan kita pada kehidupan Rasulullah Saw dan para sahabatnya yang meyakini bahwa lambung adalah sarang penyakit.

Ingin mengetahui dengan lengkap dari artikel ini? silakan baca di Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) jilid 6 tentang kemukjizatan Tumbuhan dan Buah-buahan pada Bab Berbuka dengan kurma.

Lebih lanjut silakan baca:



No comments:

Post a Comment

Next Prev home