Penyembahan Berhala pada masa Nabi Ibrahim AS


Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) Jilid I Tentang Kemukjizatan Fakta Sejarah dalam Alquran Bab 5 Penyembahan Berhala pada masa Nabi Ibrahim AS.

Berikut adalah ringkasan dari artikel yang ada di Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis Jilid I hal 59 s/d 68 (9 halaman) sebagai berikut:




مَا كَانَ إِبْرَاهِيمُ يَهُودِيًّا وَلا نَصْرَانِيًّا وَلَكِنْ كَانَ حَنِيفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ

Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik.“ (QS Ali Imran 3:67)

 وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ لأبِيهِ آزَرَ أَتَتَّخِذُ أَصْنَامًا آلِهَةً إِنِّي أَرَاكَ وَقَوْمَكَ فِي ضَلالٍ مُبِينٍ

Dan (ingatlah) di waktu Ibrahim berkata kepada bapaknya Aazar: "Pantaskah kamu menjadikan berhala-berhala sebagai tuhan-tuhan? Sesungguhnya aku melihat kamu dan kaummu dalam kesesatan yang nyata". (QS Al-An’am 6:74) 

 Ditemukan berbagai bangunan yang disebut sebagai zakurat (tempat penyembahan berhala-berhala sepanjang daerah yang terletak antara Lembah Rafidin dan dataran tinggi Andhul Bagian dalam.



Disinilah tuhan rembulan yang diberi nama Sin disembah. Diketahui hingga saat ini oleh sejarawan bahwa ka’bah sudah menjadi tempat suci sejak lama.

Keberadaan berhala di Ka’bah pada masa jahiliah sebelum masa Nabi Muhammad Saw merupakan hasil penyimpangan terhadap agama Ibrahim as yang lurus.

Demikianlah sedikit ringkasan dari Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) Jilid I Tentang Kemukjizatan Fakta Sejarah dalam Alquran Bab 5 Penyembahan Berhala pada masa Nabi Ibrahim AS. Beberapa bukti tersebut insyaAllah akan membuat kita bertambah yaqin akan kebenaran informasi dalam Alquran, karena dari mana Rasulullah mengetahui fakta sejarah dari semua Rasul sebelum beliau, sementara terpisah oleh jarak dan waktu, kalau bukan atas wahyu dari Allah SWT.

Mengenai bukti lain tentang fakta penyembahan berhala pada masa Nabi Ibrahim AS dapat Anda baca di Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) Jilid I Tentang Kemukjizatan Fakta Sejarah dalam Alquran Bab 5 Penyembahan Berhala pada masa Nabi Ibrahim AS mulai dari halaman 59 s/d 68 (9 halaman).

Ingin mengetahui kisi-kisi (gambaran) artikel lainnya dari Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) Jilid I Tentang Kemukjizatan Fakta Sejarah dalam Alquran dan jilid lainnya? silakan klik di sini

silakan klik jika Anda ingin mengetahui manfaat Paket Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis atau ingin mengetahui spek buku.

Lebih lanjut lihat :
 tag : nabi ibrahim, penyembahan berhala, zakurat, fakta sejarah, lembah rafidin, sin, tuhan rembulan, sejarah rasul Ibrahim,

No comments:

Post a Comment

Next Prev home