mukjizat-alquran-hadist-PUASA & KESEHATAN I


mukjizat-alquran-hadist:

Para dokter telah menetapkan bahwa puasa dianggap sebagai salah satu cara pengobatan paling baik dan penting untuk memproteksi diri dari kenaikan tekanan darah. Selain itu, puasa dapat menjadi sarana pengobatan terhadap timbulnya gangguan dalam tubuh yang tidak diketahui sebelumnya.


Berpuasa dapat melahirkan pribadi yang seimbang dan sehat, juga mempunyai kondisi fisik dan non fisik yang berkualitas.

Puasa memberikan seseorang kesempatan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah secara gratis, karena puasa didasarkan pada pendisiplinan dan pengekangan hawa nafsu yang dapat merugikan seseorang.

Puasa juga merupakan pengobatan ideal bagi seseorang yang sedang dihadapkan pada kompleksitas tekanan kehidupan yang keras seperti sekarang.

mukjizat-alquran-hadist:



Seseorang akan merasakan nikmatnya puasa sebaiknya memperhatikan dua hal berikut :
  1. Mengurangi konsumsi garam yang berlebihan dalam makanan, agar terjaga dari meningkatnya tekanan darah dan kerapuhan tulang
  2. Mengurangi konsumsi makanan berlemak yang tidak mengenyangkan, sehingga menyebabkan penebalan dinding pembuluh nadi


Penyakit diabetes disebabkan oleh tidak teraturnya metabolisme karbohidrat di dalam tubuh dan biasanya merupakan efek dari ketidakteraturan dalam proses kelenjar pankreas.
Sel pankreas diklasifikasikan menjadi dua :
  • Sel pankreas yang melakukan proses pencernaan makanan berkarbohidrat dan berlemak melalui enzim pencernaan
  • Sel jenis Langerhans yang terdiri dari sel alfa (mengeluarkanzal glukogen guna meningkatkan kadar gula darah), sel delta (mengeluarkan zat gastrin dan somastotanin), sel Beta (mengeluarkan zat insulin yang melakukan proses penurunan kadar gula dalam darah)


Gejala diabetes :
  • Sering buang air kecil siang maupun malam yang disertai keinginan untuk banyak minum
  • Cepat lelah dan hilang keseimbangan

Jika terus dibiarkan akan berakibat :
  • Pingsan, muntah berulang dengan bau tidak sedap
  • Radang urat saraf
  • Radang kulit, radang paru-paru, radang saluran urin dan lemah gairah seksualitasnya
  • Penebalan dinding pembuluh nadi dan terjadinya penyumbatan pembuluh darah koroner
  • Pendarahan di bagian dasar mata dan timbulnya cairan berwarna putih


Penderita diabetes dewasa yang tidak tergantung pada zat insulin, secara prinsip dapat diobati dengan mengatur pola makan, puasa bahkan lebih baik untuk kesehatannya, terutama pada mereka yang memiliki berat badan berlebih (penderita diabetes yang dapat berpuasa)


Pada saat tiba waktu berbuka, harus menyegerakan berbuka dengan beberapa butir kurma dan minum air putih, hindari makanan yang  berkadar gula tinggi seperti mie instan, kue donat, lemak dan masakan cepat saji.


Berikut penderita diabetes yang boleh tidak berpuasa :
  1. Terkena komplikasi penyakit gula seperti jantung, ginjal, dll
  2. Penderita dengan kadar gula tidak stabil (siang hari berbeda dengan malam hari kadar gulanya)
  3. Penderita yang didiagnosa pertama kali dan sedang menjalani terapi pengobatan
  4. Orang hamil yang terserang penyakit gula


Allah SWT berfirman :

فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain (QS. Al-Baqarah 2:184)



Artikel di atas adalah ringkasan dari beberapa artikel yang ada di Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (MAQDIS)

Artikel lain mengenai Puasa & Kesehatan bisa Anda lihat di:


Setelah membaca artikel-artikel dalam jilid ini, kita akan mengetahui bahwa, Agama yang benar adalah agama yang melindungi ummatnya di dunia & akhirat..... ajaran-ajaran dalam Agama Islam telah terbukti secara ilmiah tidak hanya mengandung (bernilai) amal ibadah/akhirat semata tetapi ternyata semua perintah & larangan Agama itu juga demi keselamatan serta kebahagiaan haqiqi ummatnya di dunia ini ...... Alquran dan Hadist ... tidak mungkin diciptakan/dikarang oleh manusia manapun....tetapi semua PASTI harus berdasarkan wahyu ....


Lebih lanjut lihat : .
Tags: puasa dan kesehatan, kemukjizatan puasa, puasa dalam alquran, puasa dalam hadis, mukjizat-alquran-hadist-puasa dan kesehatan I,puasa dan kesehatan, kemukjizatan puasa, puasa dalam alquran, puasa dalam hadis, mukjizat-alquran-hadist-puasa dan kesehatan I,puasa dan kesehatan, kemukjizatan puasa, puasa dalam alquran, puasa dalam hadis, mukjizat-alquran-hadist-puasa dan kesehatan I,



No comments:

Post a Comment

Next Prev home