Makna Pesan Luqman dalam Mukjizat Alquran hadist



وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kelaliman yang besar". (QS. Luqman 31:13)

Inilah awal pesan Luqman, namun kenapa Allah Swt memulai FirmanNya dengan kalimat وَلَقَدْ آتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ , alasannya ‘hikmah’ memiliki dua aspek: yaitu perkataan & perbuatan, ketika memberi nasihat harus diawali oleh perbuatan.
Firman Allah Swt “dia sedang memberi nasihat” menunjukan:
  • Saat yang sedang berlangsung, sehingga dalam memberi nasihat harus memilih waktu yang tepat, tidak secara tiba-tiba, tidak saat anak tidak siap atau disampaikannya dengan tidak serius
  • Menunjukan bahwa luqman berkewajiban untuk menasihati anaknya, tidak membiarkannya dan terus membimbingnya


Ingin mengetahui penjelasan lengkap dan detilnya silakan di Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) Jilid VII Kemukjizatan Sastra dan Bahasa Alquran Bab 7 tentang Kandungan Makna Pesan Luqman dalam Mukjizat Alquran hadist.

Lebih lanjut mengenai penjelasan Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis), spek buku, contoh-contoh artikel (daftar isi), testimoni tentang buku, manfaat buku, contoh halaman & cover dan cara pemesanan silakan diklik.

tags:hikmah pesan luqman, makna QS. Luqman, mukjizat pesan luqman alquran

No comments:

Post a Comment

Next Prev home