Mukjizat Retorika-Ijaz dan Ithnab-Alquran

Dalam ilmu balaghah (ilmu retorika Bahasa Arab), Ijaz = ungkapan untuk menyatakan maksud tanpa ada penambahan kalimat.
Ithnab = adalah kebalikannya, ungkapan yang dinyatakan dengan lebih panjang daripada redaksi dasarnya.
Menurut Ahli Balaghah, bahasa adalah Ijaz & Ithnab, dan ini merupakan bagian terpenting dalam Ilmu Balaghah.

Contoh Ijaz adalah Firman Allah Swt tentang khamr surga:

لا يُصَدَّعُونَ عَنْهَا وَلا يُنْزِفُونَ
mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk, (QS. Al-Waqiah 56:19)

Hakikatnya: tidak menimbulkan rasa pening & dan kenikmatannya tidak putus karena sebab tertentu, seperti pening misalnya.

وَمَا أُبَرِّئُ نَفْسِي إِنَّ النَّفْسَ لأمَّارَةٌ بِالسُّوءِ إِلا مَا رَحِمَ رَبِّي إِنَّ رَبِّي غَفُورٌ رَحِيمٌ
Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS. Yusuf 12:53)

Firman Allah Swt “aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan)” bisa menimbulkan kebingungan terhadap lawan bicaranya, oleh karena itu dilanjutkan dengan (jawaban dari ayat itu) “sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku.”
Yang dimaksud nafsu di atas adalah nafsu manusia secara umum, artinya nafsu itu lebih cenderung kepada syahwat atau kesalahan, kecuali nafsu yang telah dipelihara oleh Allah Swt.

Ingin mengetahui penjelasan lengkap dan detilnya artikel di atas silakan di Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) Jilid VII Kemukjizatan Sastra dan Bahasa Alquran Bab 8 Mukjizat Retorika-Ijaz dan Ithnab-Alquran.

Lebih lanjut mengenai penjelasan Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis), spek buku, contoh-contoh artikel (daftar isi), testimoni tentang buku, manfaat buku, contoh halaman & cover dan cara pemesanan silakan diklik.

tags: ilmu retorika bahasa arab, ilmu balaghah bahasa arab, mukjizat retorika ijaz dan ithnab alquran, arti ijaz dan ithnab

No comments:

Post a Comment

Next Prev home