Mukjizat Diksi-pilihan kata-Alquran Hadist

Dalam hal ini akan dibahas mengenai diksi-pilihan kata-Alquran dalam kata nashib dan kifl sebagai berikut:

مَنْ يَشْفَعْ شَفَاعَةً حَسَنَةً يَكُنْ لَهُ نَصِيبٌ مِنْهَا وَمَنْ يَشْفَعْ شَفَاعَةً سَيِّئَةً يَكُنْ لَهُ كِفْلٌ مِنْهَا وَكَانَ اللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ مُقِيتًا
Barang siapa yang memberikan syafa'at yang baik, niscaya ia akan memperoleh bahagian (pahala) daripadanya. Dan barang siapa yang memberi syafa'at yang buruk, niscaya ia akan memikul bahagian (dosa) daripadanya. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.(QS.Al-Nisa 4:85)

Allah menggunakan kata nashib saat berdampingan dengan syafaat yang baik.....tetapi menggunakan kata kifl yang disandingkan dengan syafaat yang buruk.

Sebagian ulama berpendapat, kata nashib = bagian yang lebih banyak dari seharusnya, sementara kata kifl = adalah bagian yang sebanding, hal ini dianalogikan dengan Firman Allah:

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلا يُجْزَى إِلا مِثْلَهَا وَهُمْ لا يُظْلَمُونَ
Barang siapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barang siapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya (dirugikan). (QS. Al-An’am 6:160)

Ingin mengetahui penjelasan lengkap dan detilnya artikel di atas silakan di Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) Jilid VII Kemukjizatan Sastra dan Bahasa Alquran Bab 9 Mukjizat Diksi-pilihan kata-Alquran Hadist.

Lebih lanjut mengenai penjelasan Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis), spek buku, contoh-contoh artikel (daftar isi), testimoni tentang buku, manfaat buku, contoh halaman & cover dan cara pemesanan silakan diklik.

tags: mukjizat diksi pilihan kata alquran hadist, kata nashib dan kifl dalam QS.An-Nisa, diksi alquran, pilihan kata alquran

No comments:

Post a Comment

Next Prev home