Mukjizat Gaya Bahasa (Uslub) Alquran Hadist

Artikel ini diambil dari Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) Jilid VII Kemukjizatan Sastra dan Bahasa Alquran pada Bab 4 Mukjizat Gaya Bahasa (Uslub) Alquran Hadist.

Kata ‘uslub’ digunakan untuk jalan yang memanjang. Barisan kurma juga disebut ‘uslub’....
Jadi ‘uslub’ adalah cara, jalan, dan madzhab, ‘uslub’ juga berarti fann (seni).
Dalam terminologi ahli balaghah, uslub adalah metode dalam memilih redaksi dan menyusunnya untuk mengungkapkan sejumlah makna agar sesuai dengan tujuan dan pengaruh yang jelas.

Uslub Alquran = gaya bahasa Alquran yang tidak ada duanya dalam menyusun redaksi penuturannya dan memilih redaksinya, berikut adalah karakteristiknya:

Penafsirannya Bersifat Elastis
Hal ini menjadi salah satu faktor kekalnya Alquran
Menggunakan metode penyampaian deskriptif
Metode Uslub Alquran yang istimewa dalam berdebat dan menarik kesimpulan

فَرَّتْ مِنْ قَسْوَرَةٍ O كَأَنَّهُمْ حُمُرٌ مُسْتَنْفِرَةٌ O فَمَا لَهُمْ عَنِ التَّذْكِرَةِ مُعْرِضِينَ
Maka mengapa mereka (orang-orang kafir) berpaling dari peringatan (Allah)?", seakan-akan mereka itu keledai liar yang lari terkejut, lari daripada singa (QS. Al-Muddatstsir 74: 49-51)

Bagaimana Allah Swt menggambarkan orang-orang yang enggan beriman?
Ungkapan tersebut membuat perasaan pembaca bergelora, sehingga emosi jiwanya terpengaruh sehingga ia akan memperolok-olok mereka yang tidak mau beriman. Allah Swt sungguh telah menyamakan mereka dengan keledai yang lari dari kejaran singa, hal ini berisi ejekan terhadap sikap dan perilaku mereka yang tidak benar.

Itulah sedikit ringkasan mengenai Kemukjizatan Uslub (Gaya Bahasa) Alquran, lebih detil dan lengkapnya ada di Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) Jilid VII Kemukjizatan Sastra dan Bahasa Alquran pada Bab 4.

Lebih lanjut mengenai penjelasan Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis), spek buku, contoh-contoh artikel (daftar isi), testimoni tentang buku, manfaat buku, contoh halaman & cover dan cara pemesanan silakan diklik.

Tags: mukjizat uslub alquran hadist, gaya bahasa alquran hadist, mukjizat gaya bahasa alquran

No comments:

Post a Comment

Next Prev home