Mukjizat Semantik Keselarasan Makna Alquran Hadist

Setiap kata yang terdapat dalam Alquran disebutkan berulang-ulang dengan kontruksi kata yang sangat indah, sistematis dan akurat, inilah Mukjizat Semantik Keselarasan Makna Alquran Hadist.

Sebagai contoh, saya ambil dari Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) Jilid VII Kemukjizatan Sastra dan Bahasa Alquran Bab 14 Mukjizat Semantik Keselarasan Makna Alquran Hadist sebagai berikut:

Kata حَقَّتْ diulang sebanyak 5 kali dalam 4 surah (Yunus 33 & 96, Al-Nahl 36, Al-Zumar 71 dan Al-Mukmin 6), digunakan untuk mengungkapkan suatu ‘kebenaran’ yang akan menimpa terhadap orang kafir, fasik & tidak beriman
كَذَلِكَ حَقَّتْ كَلِمَةُ رَبِّكَ عَلَى الَّذِينَ فَسَقُوا أَنَّهُمْ لا يُؤْمِنُونَ
Demikianlah telah tetap hukuman Tuhanmu terhadap orang-orang yang fasik, karena sesungguhnya mereka tidak beriman (QS. 10:33)
إِنَّ الَّذِينَ حَقَّتْ عَلَيْهِمْ كَلِمَةُ رَبِّكَ لا يُؤْمِنُونَ
Sesungguhnya orang-orang yang telah pasti terhadap mereka kalimat Tuhanmu, tidaklah akan beriman, (QS 10:96)
وَمِنْهُمْ مَنْ حَقَّتْ عَلَيْهِ الضَّلالَةُ فَسِيرُوا فِي الأرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ
dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).(QS 16:36)
وَلَكِنْ حَقَّتْ كَلِمَةُ الْعَذَابِ عَلَى الْكَافِرِينَ
Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir.
وَكَذَلِكَ حَقَّتْ كَلِمَةُ رَبِّكَ عَلَى الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّهُمْ أَصْحَابُ النَّارِ
Dan demikianlah telah pasti berlaku ketetapan azab Tuhanmu terhadap orang-orang kafir, karena sesungguhnya mereka adalah penghuni neraka.(QS 40:6)

Pasti penasaran bukan? Mohon maaf karena saya belum sempat menuliskan banyak contohnya disini, namun jika ingin mengetahui penjelasan lengkap dan detilnya artikel di atas silakan di Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis) Jilid VII Kemukjizatan Sastra dan Bahasa Alquran Bab 14 Mukjizat Semantik Keselarasan Makna Alquran Hadist.

Lebih lanjut mengenai penjelasan Buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis (maqdis), spek buku, contoh-contoh artikel (daftar isi), testimoni tentang buku, manfaat buku, contoh halaman & cover dan cara pemesanan silakan diklik.

No comments:

Post a Comment

Next Prev home